Skip to main content

Highlight

Lebih Sakit Meninggalkan atau Ditinggalkan?

Dikit-dikit ke Malaysia Part 1: Pertama Kali Mendarat di KLIA2


Jujur, saya penasaran banget dengan tempat-tempat lain di Malaysia. Soalnya, meski udah dua kali ke sana saya cuma muterin Kuala Lumpur aja karena yah... KL aja udah seru dan masih banyak yang belum dieksplor.

Tapi kadang-kadang ada aja jalan saya ke Malaysia. Sebenernya saya iseng aja nyeletuk, "Malaysia yuk, tapi ke Genting sama Melaka" ke dua temen kantor saya dan mereka refleks aja mau.

Nyari temen yang mau liburan ke Malaysia itu jarang, karena semua udah pernah ke sana dan merasa nggak perlu sampai tiga kali juga.... Kaya saya. Tapi akhirnya, ada juga yang mau ikut saya ngetrip ke Malaysia tapi bukan di KL aja. Selalu ada aja temen yang hadir dalam hidup ini emang.

Tapi perjalanan ke Malaysia ini unik banget karena kali ini temanya Girls Trip. Ini pertama kali saya liburan cukup effort karena harus menyesuaikan OOTD dan printilan cewe lainnya. Selama ini kan kalau saya liburan gas aja, packing kilat bawa baju yang cukup di tas dan nggak kusut. Udah itu aja. Tapi kali ini match dari hari pertama sampai hari terakhir. Beberapa barang kembaran juga udah ready, dimulai dari saya yang emang udah beli phone strap dan tiba-tiba ada aja nih yang membawa tag koper dengan nama masing-masing. Surprisingly, tag-nya cocok sama warna koper.

Ya Allah trip apa ini....

Beli tiketnya agak huru-hara karena kita mepet, sekitar tiga minggu sebelum keberangkatan. Pun dengan tiket hotelnya. Setelah berhari-hari mantengin tiket, akhirnya kita mengmbil keputusan membeli tiket berangkat CGK - KLIA2 di harga Rp601.000 dan tiket pulang KLIA2 - CGK sekitar Rp620.000 ditambah satu bagasi.

Ini perjalanan ke Malaysia terlama sih, lima hari empat malam. Sebelumnya cuma dua tiga hari di Malaysia. Tapi waktu berlalu cepat, ternyata lima hari pun rasanya saya belum puas.

GIMANAHHHH HARUSKAH SAYA KEMBALI LAGI?!?!?!?

Untuk hotelnya, saya memilih di hotel pertama kali ke Malaysia yaitu Metro Hotel KL Sentral. Saya memilih di situ karena menurut saya aksesnya dekat dengan tujuan-tujuan kita ke Genting dan Melaka karena titik awalnya ada di KL Sentral. Harganya sekitar Rp450.000 per malam dan kita ambil tiga malam di sana. 

Barulah untuk hari terakhir, saya lihat ada promo apartemen di sekitar Bukit Bintang dengan harga sekitar 400-an aja dan langsung kita sikat.

Setelah semua persiapan dan OOTD beres, langkah selanjutnya adalah packing. Kali ini agak PR karena dua kali ke LN selalu pake backpack, tapi liburan ini harus pakai koper. Untuk keberangkatan kita nggak beli bagasi jadi harus pinter-pinter atur koper dan isinya supaya pas di 7Kg. Ini beneran agak PR. Ternyata semuanya beneran se-effort ini kalau liburannya terkonsep WKWKWKWKWK.

Liburan ke LN kali ini juga beda karena saya memulainya dari Jakarta dan mengangkat koper untuk sampai Manggarai. Baru pagi hari tapi keringat udah bercucuran setelah seret-dorong-angkat koper di stasiun. Rada deg-degan juga soalnya takut banget melangkah masuk keluar KRL bawa koper tapi untung koper nggak berat amat.

Begitu sampai di Manggarai, saya langsung menuju gate KA Bandara dan memilih tempat duduk. Awalnya saya mau duduk sendiri karena pagi itu juga KA Bandara nggak begitu ramai. Tapi tiba-tiba ada seorang wanita yang menawarkan duduk bersama dan saya iyakan begitu saja.

Saya lupa kalimat pertamanya apa tapi dia ngomong Bahasa Inggris!!

Sekali lagi....

DIA NGOMONG BAHASA INGGRIS!

Waduh mak, masih pagi udah harus mikir ngobrolnya. Setelah ngobrol sebentar, ternyata mbanya orang Vietnam yang business trip selama dua minggu. Seminggu di Jakarta, seminggu di Depok.

Dia curhat ketinggalan dua KRL dan nunjukkin foto kondisi KRL yang penuh banget. Akhirnya tersentil rasa penasaran saya, apakah di Vietnam tidak begitu?

Oh.. Ternyata tidak. Bhaik.

Dua temen saya, Prima dan Tika udah sampai di Bandara dan udah nunggu di skytrain. Saya dateng sama temen baru nih ya terus kita kenalan dulu bahkan foto-foto sebelum akhirnya say goodbye karena dia memutuskan boarding duluan.

Kita? Makan dulu dan saya masih sempet ngopi dulu wkwkkwkw.

Akhirnya kita memutuskan untuk boarding mandiri, meski awalnya Tika menyarankan check in online. Cuma saya masih berusaha supaya bisa duduk deketan jadi kita check in di counter. Agak deg-degan ya bro soalnya takut koper saya lebih dari 7kilo ternyata untungnya aman.

Bener aja, duduknya kepisah dan jujur saya syok!! WKWKWKWKWK.

Gini gini, saya tuh takut naik pesawat dan karena ini trip ramean, saya nggak mempersiapkan diri untuk duduk sendirian di pesawat!

Menangys banget pada siapa aku berpegangan selain pada Allah SWT.

Thank God ini penerbangan terhalus saya selama beberapa kali. Mantap AirAsia Berhad Malaysia! Jadi, saya nggak trauma-trauma amat untuk naik pesawat.

Kami landing di KLIA2 sekitar pukul 16.45 dan langsung antre imigrasi. Ini pertama kalinya saya mendarat di KLIA2 dan untungnya udah nonton banyak video TikTok cara dari KLIA2 ke KL Sentral.

First of all, kita ngelewatin imigrasi dulu. Untuk kedatangan kali ini, saya cuma ditanya tiket pulang. Padahal saya udah siap sama semua pertanyaan.

Makanya lebih baik kita persiapkan diri ditanya malaikat kelak harusnya. Hufttt.

Oh iya, sebelum berangkat wajib isi MDAC tapi ternyata pas sampai sana nggak ditanyain apa-apa juga. Kayanya beda-beda tiap orang.

Akhirnya kami keluar mengikuti petunjuk bus. Kami memilih naik bus karena budget, WKWKWKWK. Untuk naik bus, ikutin aja petunjuk arahnya yang memang agak syulit ya gatau kenapa. Kami turun satu lantai dan akhirnya menemukan counter bus yang berjejer. Kami memilih self service di mesin, dan memilih bus keberangkatan terdekat yaitu Suasana Edaran sekitar pukul 17.30. Harganya RM15 dengan durasi 1,5 jam perjalanan. Bayarnya bisa pakai kartu ya!

Perjalanan diisi dengan hening setelah sempat ngobrol dikit sama mba-mba dari Cina di sebelah saya.

Setelah berjalan beberapa waktu, akhirnya ingar bingar kota Kuala Lumpur udah terlihat.

Welcome back home, Elga...


Nggak tau kenapa, saya merasa ada ikatan emosional aja sama KL sejak pertama kali ke sini. Saya kaya pulang ke rumah yang lain....

ANzZzay chakep.

Akhirnya sampai juga di KL Sentral dan langsung nyalain Google Maps untuk ke hotel yang jaraknya cuma berapa ratus meter. Ketemu lagi, KL Sentral dan sekitarnya!

Jam 7 malam waktu itu seperti biasa Kuala Lumpur belum gelap. Saya menikmati banget momen jalan kaki dari KL Sentral ke hotel karena semua terasa nostalgia.

Akhirnya kembali check in di Metro Hotel KL dan begitu buka jendela... Pemandangan urut lagi brok WKWKWKWK. Tapi yang 2019 lalu kamar saya lebih gede karena emang waktu itu lagi promo.

Eits pemandangan boleh papan urut tapi lihatlah langit dan LRT yang berlalu lalang.


Setelah beres-beres dan mandi, itinerary pertama tidak lain dan tidak bukan makan di Mee Tarik Jalan Sultan. Hihi penasaran mau nyoba menu lainnya.

Mungkin keputusan paling oke dalam trip ini adalah memilih hotel deket KL Sentral karena beneran efisien dan deket dari mana-mana. Buat makan ke Mee Tarik, cuma melewati satu stasiun menuju Pasar Seni. Turun, terus jalan kaki deh sekilo aja melewati Petaling Street.

Jalan-jalan di Petaling Street siang dan malem tuh vibes-nya emang beda. Suasananya lebih hidup.


Sesampainya di lokasi, saya langsung sibuk buka review TikTok buat nyobain menu lainnya. Tapi kayanya.... Saya salah pesen deh.

Saya lupa pesen apa tapi kuahnya terlalu asem buat lambung saya.

Tapi enak. Tapi kasian lambung saya.

Tapi tetep juara dan akan balik lagi. Nantikan!


Setelah makan, lagi-lagi saya menyarankan untuk jalan kaki ke Kwai Chai Hong Street.

"Jangan jalan kaki ikutin maps!"

Teriak saya karena inget terakhir kali lewat situ ada anjingnya yang sebenernya nggak ngapa-ngapain juga. WKWKWKWKWK takut.

Walaupun udah pernah ke sana, suasananya pasti beda. Dan tetep nyenengin. Kali ini saya nyobain naik ke atas dan ternyata seru ya. Konsepnya kaya hidup bertetangga sebagai anak-anak karena ada lompat talinya segala.




Jelang jam 11 malem, akhirnya kita memutuskan balik ke hotel karena besok pagi-pagi bakalan ke Genting. Waktunya istirahat daripada besok nggak fit buat OTW jauh.

Akhirnya, saya bakalan ke Genting!

- BERSAMBUNG -

Comments